Kumpulan Berita Terbaru, Berita Hangat, News, Politik, Gaya Hidup, Media Sosial

Saturday, July 15, 2017

Serem! Ada Warung Makanan untuk Roh Halus di Yogyakarta



Majalah303 - Yogyakarta - Warung makan yang biasanya menjual berbagai makanan sudah biasa kita temui. Tetapi warung makanan yang satu ini, bikin merinding yakni warung makanan khusus untuk roh halus.

Di Kota Yogyakarta, anda akan kaget, karena ada "Warung Makananan Roh Halus". Bukan makanan biasa yang disajikan. Tetapi bunga setaman atau bunga mawar, bunga melati, bunga kantil, kemenyan, dupa, minyak wangi yang biasanya digunakan untuk prosesi kematian.

Warung makan ini tentunya tidak menyediakan makanan yang biasa dimakan manusia pada umumnya.

Warung makanan roh halus ini berada di Jl RE Martadinata No 7, Kecamatan Wirobrajan Kota Yogyakarta. Letaknya tidak jauh dari Pasar Serangan atau jalan yang menghubungkan pusat kota Yogyakarta dengan Jl Wates ke arah luar kota.

Di warung ini tidak ada kursi atau meja untuk menyantap hidangan makanan. Tetapi di meja terdapat deretan bunga-bunga kemudian dupa atau perlengkapan ritual lainya.

Setelah melihat lokasinya justru berbalik dari kesan angker. Warung ini berada di kios yang berukuran kecil. Tempatnya yang berada dipinggir jalan cukup ramai oleh lalu lalang orang.

Salah satu penjaga warung, Yamtini Putri (21) mengatakan warung ini sudah ada sekitar 20 tahun silam. Warung Makanan Roh Halus ini menjual berbagai keperluan untuk ziarah atau ritual. Seperti bunga setaman, kembang telon, bunga sripah, minyak wangi, kain mori atau kain kafan, dupa dan lain-lain.

"Yang beli banyak dari luar Yogya, dari Jakarta kalau pas libur banyak. Ramainya itu kalau bulan ruwah sebelum puasa, bulan syawal atau sehabis hari raya Idul Fitri," kata Yamtini di Warung Makan Roh Halus Yogyakarta, Sabtu(15/7/2017).

Sedangkan pada hari-hari biasa lanjut dia, pada malam Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon. Setiap hari yang palinmg banyak dibeli adalah kembang setaman terdiri dari bunga mawar merah dan putih, melati, bunga selasih, bunga kantil dan kemenyan atau dupa.

Dia mengatakan warung tersebut buka setiap hari mulai pukul 05.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB. Apabila bulan ruwah warung buka selama 24 jam. Bunga yang dijual diambil dari daerah Boyolali dan Magelang. Apabila ramai bunga yang terjual mencapai 25 oncot. Satu oncot berkisar 4-5 kg. Jika hari biasa rata-rata bisa menghabiskan 10 oncot.

No comments:

Post a Comment